Contoh Teks Editorial | Tugas Bahasa Indonesia


Meningkatkan Kesadaran Siswi MAN 2 Kota Sukabumi terhadap Kedisiplinan dalam Berpenampilan
Kedisiplinanan merupakan suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban. Oleh karena itu, kedisiplinan sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran dan pengajaran di sekolah. Banyak kedisiplinan-kedisiplinan yang harus diterapkan di sekolah, terutama kedisipilinan dalam berpenampilan untuk siswi.
Melihat dari gaya berpenampilan siswi madrasah zaman sekarang, sangalah miris. Tidak sesuai dengan nilai-nilai keislaman dan peraturan yang diterapkan di madrasah itu sendiri. Seperti halnya siswi MAN 2 Kota Sukabumi, sebagian siswinya berpenampilan tidak sesuai dengan nilai-nilai keislaman dan peraturan yang diterapkan. Contohnya seperti baju dipotong pendek atau anak milenial sekarang menyebutnya dengan cropting, rok span yang melekukan bentuk tubuh, sehingga dapar menampakan lekuk tubuhnya  dan kerudung yang tidak menutupi dada. Padahal 21 abad yang lalu Allah SWT sudah menjelaskan dalam firmannya:
يَاأَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ ِلأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلاَبِيبِهِنَّ
“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang Mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. (QS al-Ahzab [33]: 59)
وَقُل لِّلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ
مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ
“Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (aurat-nya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya,...” (QS an nur  [24]: 31).
Berdasarkan firman Allah SWT diatas bahwa Allah SWT memerintahkan agar perempuan muslim mengulurkan kain kerudungnya ke seluruluh tubuh dan mengulurkan jilbabnya sampai menutupi dada. Perintah Allah SWT Ini bertolak belakang dengan penampilan siswi madrasah zaman sekarang. Selain itu, banyak siswi MAN 2 yang menampakan poninya secara sengaja supaya dianggap kekinian hingga memakai makeup yang berlebihan.
Oleh karena itu, kesadaran siswi terhadap kedisiplinan dalam berpenampilan sangatlah dibutuhkan di zaman yang tergerus oleh era westernisasi.
Dampak yang ditimbulkan dari perilaku tersebut diantaranya timbulnya pandangan buruk dari masyarakat luar perihal penampilan tersebut, yang jelas-jelas tidak mencerminkan sebagai siswi madrasah. Selanjutnya, yaitu memburuk dan rusaknya citra MAN 2 Kota Sukabumi di mata publik.
Solusi dari permasalahan tersebut yang Pertama, Membuat aturan tentang penampilan siswi yang harus sesuai dengan nilai-nilai keislaman. Kedua, Meningkatkan pengawasan dan menindaklanjuti siswi yang melanggar peraturan tersebut. Ketiga, Peran orangtua dan guru sangatlah diperlukan dalam meningkatkan kesadaran tersebut. Karena peran orangtua dan gurulah yang dapat membimbing anak-anaknya agar berpenampilan yang sesuai dengan aturan madrasah dan nilai-nilai keislaman.
Kedisiplinan dalam berpenampilan yang sesuai dengan aturan madrasah dan nilai-nilai keislaman memang sulit diterapkan, jika tidak adanya kesadaran dari dirinya masing-masing. Oleh karena itu, bimbingan dari orangtua di rumah dan guru sebagai tenaga pengajar dan pendidik di sekolah sangatlah diperlukan.
­



Comments

Popular posts from this blog

CONTOH ANALISIS NOVEL SEJARAH

Allah Memberikan Apa Yang Kita Butuhkan, Bukan Yang Apa Kita Inginkan